OPTIMALISASI PERANAN MGMP
Oleh : Heti Sugiarti, M.Pd*
Tujuan pendidikan yang ingin dicapai yaitu terbentuknya manusia yang berkualitas. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan berbagai usaha untuk peningkatan pendidikan. Salah satu yang menjadi unsur terpenting adalah guru, sehingga harus diusahakan dapat meningkatkan profesionalismenya. Undang- undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mempersyaratkan guru untuk: Memiliki kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional; Memiliki Sertifikat Pendidik; sehat jasmani dan rohani; serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.
Dengan berlakunya undang-undang ini diharapkan memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan profesionalismenya misal melalui pelatihan, penulisan karya ilmiah. Musyawarah guru mata pelajaran memiliki peranan penting dalam mendukung profesional guru. Profesionalisme tidak hanya karena faktor tuntutan dari perkembangan zaman, tetapi pada dasarnya juga merupakan suatu keharusan bagi setiap individu, dalam perbaikan kualitas hidup manusia. Profesional menuntut keseriusan dan kompetensi yang memadai, sehingga seseorang dianggap layak untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang guru.
Dari pandangan tersebut, guru memerlukan suatu wadah organisasi, untuk saling bertemu, dan berbagi pengalaman, serta menukar ilmu pengetahuan, untuk kepentingan pengajaran, baik di dalam kelas, maupun dalam lingkungan sekolah/madrasah, organisasi ini dinamakan dengan MGMP.
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan suatu organisasi guru yang dibentuk untuk menjadi forum komunikasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam menghadapi tugasnya sehari-hari. Dengan terbentuk dan terealisasinya program MGMP yang terstuktur dan sistematis, senantiasa akan merujuk pada peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru. Di samping itu, guru akan terbantu dalam pengumpulan angka kredit untuk Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB), sebab mutlak dalam kenaikan pangkat yang harus dilaksanakan guru. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan sejauhmana kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan pembelajaran.
Peranan MGMP dalam pengembangan program pendidikan di sekolah/madrasah sangat penting, karena ini merupakan wadah kegiatan profesional guru, dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan. Selain itu, untuk mengatasi permasalahan yang ada dan berkembang di sekolah/madrasah. Adapun Tujuan diselenggarakannya MGMP diantaranya adalah:
- Menumbuhkan kegairahan guru untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan tugas guru.
- Meningkatkan kemampuan dan kemahiran guru, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
- Menampung segala permasalahan yang dialami oleh guru, dalam melaksanakan tugas sehari-hari, dan mencari cara penyelesaiannya yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, guru, sekolah/madrasah, dan lingkungannya;
- Membantu guru memperoleh informasi teknis edukatif, yang berkaitan dengan kegiatan, kebijakan pengembangan kurikulum, dengan mutu pelajaran yang bersangkutan;
- Untuk saling tukar informasi, pengalaman, dalam rangka mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengembangan teknik mengajar.
Wallohu a’lam Bishowab.
* Guru MTsN 4 Tasikmalaya
Silahkan Baca juga:
Advertisement
0 Komentar:
Post a Comment