Madrasah Kita
(Sebuah argumentasi awal untuk mengajak berdiskusi)
Oleh: Muhammad Helmi Aminudin*
Berawal
dari sebuah berita undangan kepada guru madrasah untuk mengikuti tes kelayakan
untuk menjadi kepala madrasah, yang beritanya begitu booming di berbagai grup Whats app yang saya ikuti, ternyata
peminatnya pun begitu banyak, dari berbagai kalangan baik guru ASN yang
mengajar di Negeri maupun di Swasta. Melihat fenomena ini ada sebuah kegalauan
yang begitu besar di hati ini melihat begitu banyak peminat untuk menjadi
seorang leader, kegalauan ini entah
berdasar atau tidak karena bagi saya pribadi sejak bangku Madrasah Ibtidaiyah
Sampai dengan Madrasah Aliyah, dari Marhalah Idadiyah sampai Marhalah
Mutaqoddimah, tidak pernah satu orang pun dari guru baik di sekolah ataupun di
Pesantren mengajarkan untuk mengejar sebuah kursi jabatan, bahkan Almagfurlah
guru besar saya KH Wahab Muhsin dan KH Syihabudin Muhsin, mewanti wanti, bahwa
jabatan adalah sebuah amanat dan sebuah beban yang harus dipertanggungjawabkan.
Hampir semua guru saya mencontohkan kepada situasi Syaidina Abu Bakar RA,
ketika berbicara tentang masalah kepemimpinan, dimana Beliau sama sekali tidak
mengharapkan menjadi seorang Khalifah walaupun semua umat islam baik Muhajirin
ataupun Ansor sepakat bahwa Beliau lah yang paling layak mengisi posisi
Khalifah, sampai sampai pada Waktu itu para pembesar Muhajirin dan Ansor
Seperti Saad bin Muadz dkk mengundurkan diri dan berjanji setia kepada Syaidina
Abu Bakar. Namun apa yang pertama kali diucapkan oleh Syaidina Abu Bakar,
Beliau mengucapkan Innalilahi wa Inna
Ilaihi Rojiun.
Perlu
diketahui bahwa Ucapan Innalilahi wa Inna
Ilaihi Rojiun dalam Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasululah saw
adalah untuk merespon kejadian berupa Musibah. Dalam tafsir Jalalain pernah
diriwayatkan di rumah Rasululah saw lilin yang dipakai untuk penerangan rumah
Beliau padam, lalu Rasululah saw mengucapkan Innalilahi wa Inna Ilaihi Rojiun, kemudian Siti Aisyah bertanya
“Wahai rasulullah, ini hanya lilin yang padam”, lalu Rasul pun menjawab bahwa
“segala sesuatu yang tidak mengenakan bagi seorang muslim itu adalah musibah”
Jadi
berkaca dari dua hal tadi, bahwa Syaidina Abu Bakar mengucapkan Innalilahi wa Inna Ilaihi Rojiun. Yang
mana ucapan ini seperti yang Rasul sampaikan adalah ucapan untuk merespon sebuah
musibah,, maka dapat disimpulkan bahwa menurut Abu Bakar, sebuah tugas
kepemimpinan adalah sebuah musibah karena di dalamnya ada sebuah tanggung jawab
yang harus diemban, baik di dunia maupun di akherat. Setiap kalian adalah
pemimpin, dan setiap pemimpin akan ditanya tentang apa yang dipimpinnya.
Kembali
lagi pada madrasah, memang studi kelayakan untuk menjadi seorang kepala
madrasah penting untuk dilakukan, dengan harapan tentunya akan menghasilkan
seorang pemimpin yang layak dan kompeten, baik dari segi leadership maupun administrasi. Hasil yang didapatkan dari fit
and propper test tersebut diharapkan
bukan hanya cakap secara administrasi, sehingga bisa menghasilkan seorang
pemimpin, bukan menghasilkan seorang pimpinan.
Mengutip
dari situs Kubik Leadership perbedaan antara Pemimpin dan Pimpinan adalah
1. Pimpinan bergantung pada otoritas dalam menggerakan anak
buahnya, sememtara Pemimpin bergantung pada niat baik untuk kebaikan
bersama.
2. Pimpinan menuntut hasil dan lepas tangan, sementara Pemimpin menunjukan jalan dan
mengambil tanggung jawab atas prosesnya.
3. Pimpinan dipatuhi karena rasa takut, sementara Pemimpin dipatuhi atas dasar kerelaan
hati.
4. Dalam
mencapai tujuan bersama, Pimpinan
menguras energi anak buahnya, sementasra Pemimpin
menjadi sumber energi.
5. Pimpinan memerintah, sementara Pemimpin mengajak.
Jadi jelas untuk menajdi seorang pemimpin bukan hanya mempunyai
kecakapan secara administrasi, namun juga harus mempunyai empati kepada
bawahannya, dipercayai bawahannya, bisa memberikan energi positif kepada anak
buahnya, dan dapat menjadi koordinator yang baik dalam organisasi yang dia
pimpin. Lalu ketika sebuah jabatan ditenderkan, maka disadari atau tidak maka
pemenang dari tender harus memuaskan hati dari pemberi tender, karena jika
pemberi tender tidak puas maka jabatan bisa diberikan kepada orang lain yang
menawarkan paket yang lebih menarik bagi pemberi tender.
Wallohu alam bissawab...
Wallohu alam bissawab...
Madrasahku 2
Menemani malam jumat ini, 13 Peruari
2020 mari kembali kita belajar menulis dan sedikit melanjutkan belajar
berargumen menyambung dari tulisan yang sudah tayang pada episode sebelumnya,
yang berjudul Madrasahku….
Apabila sebagian pembaca menilai
bahwa tulisan yang saya bawakan bersifat tendensius, ya saya jawab benar, namun
perlu diingat, bahwa arti tendensius tidak selalu bermakna negatif, karena
menurut KBBI tendensius mempunyai beberapa arti 1) keberpihakan 2) suka
menyusahkan. Saya sendiri lebih memilih arti kata tendensius sebagai
keberpihakan pada kebenaran. Ataupun jika mau maka makna yang kedua, mari kita
takwil sebagai suka menyusahkan orang yang ingin berbuat tidak berpihak pada
kebenaran.
Baiklahlah kita lanjutkan tulisan ini
agar tidak melantur kemana-mana.
Pernah suatu ketika, Syaidina Ali RA
diberikan pertanyaan oleh pengikutnya, karena melihat kondisi di masa
pemerintahan beliau sudah mulai timbul bibit perpecahan dan permusuhan di
antara umat islam, juga terjadi dekadensi dari segi moral dari umat islam.
Penanya tersebut membandingkan dengan priode kekhilafahan Syaidina Abu Bakar
RA.
Jawaban Syaidina Ali RA yang
legendaris sampai hari ini adalah “ Singa tidak akan memimpin kawanan tikus”.
Dengan jawaban tersebut seakan Syaidina Ali mengonfirmasi bahwa untuk
mendapatkan seorang pemimpin yang baik harus dimulai dengan memperbaiki kondisi
lingkungannya, dengan kondisi yang baik maka akan melahirkan pimpinan yang baik
pula. Dengan perkataan lain, pimpinan adalah representasi dari kondisi
lingkungannya.
Menyambung dengan tulisan pertama,
untuk melahirkan seorang pimpinan yang baik dan menjadi panutan di madrasah,
maka sebagai warga madrasah kita harus bisa bermuhasabah
sudah pantaskah kita mendapatkan pimpinan yang baik ketika kita sendiri hanya
sibuk memprotes telatnya insentif ataupun TPG, namun kita lupa kewajiban kita
sebagai pendidik yang bertugas memberikan pengalaman belajar pada siswanya dan
memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada meraka.
Mbah Moen, dalam sebuah Qoutes yang dikenal, beliau mengatakan
“jadi guru itu ndak usah niat bikin pintar orang, nanti kamu jadi marah kalau
muridmu gak pintar, ikhlasnya jadi hilang. Yang penting niat menyampaikan ilmu
dan mendidik yang baik”.
Dari Qoutes Mbah Moen ini jelas sudah mulai pudar di pendidik hari ini,
kalau dulu beliau melarang guru untuk memaksa siswa supaya mengerti dan pintar,
dengan tujuan supaya terpelihara nilai keikhlasan, maka hari ini semangat untuk
“memintarkan” anak pun sudah mulai hilang dengan selalu tiap bulan isu TPG,
ULP, dan tukin yang menjadi bahasan. Sudah hilang perbincangan yang terlarang
menurut Mbah Moen ketika guru membicarakan siswanya yang susah mengerti, telat
paham dan lain sebagainya, berganti dengan TPG dan tukin. Jadi sudah dapat
ditebak, jangankan berbicara keikhlasan dalam mengajar tentang HIRSUN memintarkan anak pun sudah tiada.
Padahal mengutip perkataan ketua MUI
Kab Tasikmalaya, KH Ii Abdul Basith, dalam berbagai kesempatan beliau selalu
memotivasi guru dengan perumpaan sebagai selebritas langit. Karena mereka nanti
akan dipanggil oleh para Malaikat. Adakah motivasi yang lebih baik daripada
itu?
Akhir kata, harus ada sinergitas yang
baik di semua stekholder madrasah, mengembalikan lagi spirit pendidik, dan
ingat pendidik adalah pekerjaan yang mulia, supaya dari madrsah lahir pemimpin
yang diharapkan, namun jika mentalitas belum berubah maka jangan diharap akan
menghasilkan pimpinan yang baik.
Silahkan Baca juga:
Advertisement
0 Komentar:
Post a Comment