Home » » MADRASAH KITA

MADRASAH KITA



Madrasah Kita
(Sebuah argumentasi awal untuk mengajak berdiskusi)
Oleh: Muhammad Helmi Aminudin*

*Guru MTsN 1 Tasikmalaya
Berawal dari sebuah berita undangan kepada guru madrasah untuk mengikuti tes kelayakan untuk menjadi kepala madrasah, yang beritanya begitu booming di berbagai grup  Whats app yang saya ikuti, ternyata peminatnya pun begitu banyak, dari berbagai kalangan baik guru ASN yang mengajar di Negeri maupun di Swasta. Melihat fenomena ini ada sebuah kegalauan yang begitu besar di hati ini melihat begitu banyak peminat untuk menjadi seorang leader, kegalauan ini entah berdasar atau tidak karena bagi saya pribadi sejak bangku Madrasah Ibtidaiyah Sampai dengan Madrasah Aliyah, dari Marhalah Idadiyah sampai Marhalah Mutaqoddimah, tidak pernah satu orang pun dari guru baik di sekolah ataupun di Pesantren mengajarkan untuk mengejar sebuah kursi jabatan, bahkan Almagfurlah guru besar saya KH Wahab Muhsin dan KH Syihabudin Muhsin, mewanti wanti, bahwa jabatan adalah sebuah amanat dan sebuah beban yang harus dipertanggungjawabkan. Hampir semua guru saya mencontohkan kepada situasi Syaidina Abu Bakar RA, ketika berbicara tentang masalah kepemimpinan, dimana Beliau sama sekali tidak mengharapkan menjadi seorang Khalifah walaupun semua umat islam baik Muhajirin ataupun Ansor sepakat bahwa Beliau lah yang paling layak mengisi posisi Khalifah, sampai sampai pada Waktu itu para pembesar Muhajirin dan Ansor Seperti Saad bin Muadz dkk mengundurkan diri dan berjanji setia kepada Syaidina Abu Bakar. Namun apa yang pertama kali diucapkan oleh Syaidina Abu Bakar, Beliau mengucapkan Innalilahi wa Inna Ilaihi Rojiun.

Perlu diketahui bahwa Ucapan Innalilahi wa Inna Ilaihi Rojiun dalam Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasululah saw adalah untuk merespon kejadian berupa Musibah. Dalam tafsir Jalalain pernah diriwayatkan di rumah Rasululah saw lilin yang dipakai untuk penerangan rumah Beliau padam, lalu Rasululah saw mengucapkan Innalilahi wa Inna Ilaihi Rojiun, kemudian Siti Aisyah bertanya “Wahai rasulullah, ini hanya lilin yang padam”, lalu Rasul pun menjawab bahwa “segala sesuatu yang tidak mengenakan bagi seorang muslim itu adalah musibah”

Jadi berkaca dari dua hal tadi, bahwa Syaidina Abu Bakar mengucapkan Innalilahi wa Inna Ilaihi Rojiun. Yang mana ucapan ini seperti yang Rasul sampaikan adalah ucapan untuk merespon sebuah musibah,, maka dapat disimpulkan bahwa menurut Abu Bakar, sebuah tugas kepemimpinan adalah sebuah musibah karena di dalamnya ada sebuah tanggung jawab yang harus diemban, baik di dunia maupun di akherat. Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan ditanya tentang apa yang dipimpinnya.

Kembali lagi pada madrasah, memang studi kelayakan untuk menjadi seorang kepala madrasah penting untuk dilakukan, dengan harapan tentunya akan menghasilkan seorang pemimpin yang layak dan kompeten, baik dari segi leadership maupun administrasi. Hasil yang didapatkan  dari fit and propper test  tersebut diharapkan bukan hanya cakap secara administrasi, sehingga bisa menghasilkan seorang pemimpin, bukan menghasilkan seorang pimpinan.

Mengutip dari situs Kubik Leadership perbedaan antara Pemimpin dan Pimpinan adalah
1.      Pimpinan bergantung pada otoritas dalam menggerakan anak buahnya, sememtara Pemimpin  bergantung pada niat baik untuk kebaikan bersama.
2.      Pimpinan  menuntut hasil dan lepas tangan, sementara Pemimpin menunjukan jalan dan mengambil tanggung jawab atas prosesnya.
3.      Pimpinan dipatuhi karena rasa takut, sementara Pemimpin dipatuhi atas dasar kerelaan hati.
4.      Dalam mencapai tujuan bersama, Pimpinan menguras energi anak buahnya, sementasra Pemimpin menjadi sumber energi.
5.      Pimpinan memerintah, sementara Pemimpin mengajak.

Jadi jelas untuk menajdi seorang pemimpin bukan hanya mempunyai kecakapan secara administrasi, namun juga harus mempunyai empati kepada bawahannya, dipercayai bawahannya, bisa memberikan energi positif kepada anak buahnya, dan dapat menjadi koordinator yang baik dalam organisasi yang dia pimpin. Lalu ketika sebuah jabatan ditenderkan, maka disadari atau tidak maka pemenang dari tender harus memuaskan hati dari pemberi tender, karena jika pemberi tender tidak puas maka jabatan bisa diberikan kepada orang lain yang menawarkan paket yang lebih menarik bagi pemberi tender. 

Wallohu alam bissawab...


Madrasahku 2

Menemani malam jumat ini, 13 Peruari 2020 mari kembali kita belajar menulis dan sedikit melanjutkan belajar berargumen menyambung dari tulisan yang sudah tayang pada episode sebelumnya, yang berjudul Madrasahku….

Apabila sebagian pembaca menilai bahwa tulisan yang saya bawakan bersifat tendensius, ya saya jawab benar, namun perlu diingat, bahwa arti tendensius tidak selalu bermakna negatif, karena menurut KBBI tendensius mempunyai beberapa arti 1) keberpihakan 2) suka menyusahkan. Saya sendiri lebih memilih arti kata tendensius sebagai keberpihakan pada kebenaran. Ataupun jika mau maka makna yang kedua, mari kita takwil sebagai suka menyusahkan orang yang ingin berbuat tidak berpihak pada kebenaran.

Baiklahlah kita lanjutkan tulisan ini agar tidak melantur kemana-mana.

Pernah suatu ketika, Syaidina Ali RA diberikan pertanyaan oleh pengikutnya, karena melihat kondisi di masa pemerintahan beliau sudah mulai timbul bibit perpecahan dan permusuhan di antara umat islam, juga terjadi dekadensi dari segi moral dari umat islam. Penanya tersebut membandingkan dengan priode kekhilafahan Syaidina Abu Bakar RA.

Jawaban Syaidina Ali RA yang legendaris sampai hari ini adalah “ Singa tidak akan memimpin kawanan tikus”. Dengan jawaban tersebut seakan Syaidina Ali mengonfirmasi bahwa untuk mendapatkan seorang pemimpin yang baik harus dimulai dengan memperbaiki kondisi lingkungannya, dengan kondisi yang baik maka akan melahirkan pimpinan yang baik pula. Dengan perkataan lain, pimpinan adalah representasi dari kondisi lingkungannya.

Menyambung dengan tulisan pertama, untuk melahirkan seorang pimpinan yang baik dan menjadi panutan di madrasah, maka sebagai warga madrasah kita harus bisa bermuhasabah sudah pantaskah kita mendapatkan pimpinan yang baik ketika kita sendiri hanya sibuk memprotes telatnya insentif ataupun TPG, namun kita lupa kewajiban kita sebagai pendidik yang bertugas memberikan pengalaman belajar pada siswanya dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada meraka.

Mbah Moen, dalam sebuah Qoutes yang dikenal, beliau mengatakan “jadi guru itu ndak usah niat bikin pintar orang, nanti kamu jadi marah kalau muridmu gak pintar, ikhlasnya jadi hilang. Yang penting niat menyampaikan ilmu dan mendidik yang baik”.

Dari Qoutes Mbah Moen ini jelas sudah mulai pudar di pendidik hari ini, kalau dulu beliau melarang guru untuk memaksa siswa supaya mengerti dan pintar, dengan tujuan supaya terpelihara nilai keikhlasan, maka hari ini semangat untuk “memintarkan” anak pun sudah mulai hilang dengan selalu tiap bulan isu TPG, ULP, dan tukin yang menjadi bahasan. Sudah hilang perbincangan yang terlarang menurut Mbah Moen ketika guru membicarakan siswanya yang susah mengerti, telat paham dan lain sebagainya, berganti dengan TPG dan tukin. Jadi sudah dapat ditebak, jangankan berbicara keikhlasan dalam mengajar tentang HIRSUN memintarkan anak pun sudah tiada.

Padahal mengutip perkataan ketua MUI Kab Tasikmalaya, KH Ii Abdul Basith, dalam berbagai kesempatan beliau selalu memotivasi guru dengan perumpaan sebagai selebritas langit. Karena mereka nanti akan dipanggil oleh para Malaikat. Adakah motivasi yang lebih baik daripada itu?

Akhir kata, harus ada sinergitas yang baik di semua stekholder madrasah, mengembalikan lagi spirit pendidik, dan ingat pendidik adalah pekerjaan yang mulia, supaya dari madrsah lahir pemimpin yang diharapkan, namun jika mentalitas belum berubah maka jangan diharap akan menghasilkan pimpinan yang baik.


Advertisement

Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment

Followers