Home » » KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM LITERASI ALQURAN

KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM LITERASI ALQURAN

KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM LITERASI ALQURAN

Asep Saepulmillah*
Dalam pendampingan ke sekolah sambil melihat karya siswa terdengar di sudut ruangan seorang guru setengah baya sedang asyik dan serius  berkakap-cakap  dengan muridnya. Nampaknya mereka larut dalam pembicaraan pribadi   yang  sangat penting.

Menarik sekali, dari nada dan topik pembicaraannya terkesan antara seorang konselor/ psikolog dengan klien-nya, kadang-kadang seperti seorang  ustadzah yang sedang menyampaikan pesan-pesan spiritual kepada jamaahnya, atau laksana seorang trainer atau motivator  yang menyemangati audient-nya. Tutur kata yang mudah difahami, jelas, mengena dan berbobot sesuai dengan usia dan  tingkat pemahaman murid. Antara keduanya tidak ada jarak, terbuka tapi santun, penuh empati dan sarat dengan pembelajaran.
Penasaran penulis sempat berdiskusi dan sharing pengalaman seputar pendekatan dalam memahami murid, akhirnya dia  mengatakan:   “kita mesti ikhlas, sabar dan tawakkal,  dari hati ke hati dan penuh cinta karena  anak  ladang amal ibadah kita.
Kami bangun komunikasi atas dasar keimanan, hikmah dan Cinta.”  Sungguh menginspirasi walaupun  terkesan sangat filosofis dan normatif.

Pengalaman di atas sangat kontras dengan banyaknya  keluhan yang kerap disampaikan oleh guru tentang murid-muridnya yang tidak mau mendengar dan paham meskipun  berkali-kali dinasihati. Sepertinya muridlah yang harus memahami guru, bukan sebaliknya, akibatnya guru  lelah dan tidak sabar karena murid dipaksa harus mengikuti sesuai dengan keinginannya. Sangatlah tidak bijak jika terburu-buru menyalahkan kepada murid,  mungkin salah satunya, pola komunikasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru kepada murid yang belum tepat. Di sini pentingnya guru memiliki kemampuan  berkomunikasi yang efektif dalam pembelajaran.

Secara teori, komunikasi adalah proses penyampaian pesan (message) dari sumber (source) atau pengirim pesan kepada penerima pesan (receiver) melalui suatu media (channel) yang tujuannya agar  si penerima pesan memiliki makna, pemahaman atau respon yang sama (feedback) dengan pemberi pesan.

Komunikasi dipengaruhi  oleh kondisi lingkungan sekitar atau kondisi internal (noice) dari si penerima pesan. Jika hubungannya dengan pembelajaran maka guru sebagai sumber. Fakta, informasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman sebagai isi pesan. Murid sebagai penerima pesan, dilakukan dengan menggunakan media pembelajarn untuk  mendapatkan  feedback atau respon dari murid setelah menerima pengetahuan.

Dalam kegiatan pembelajaran fungsi komunikasi sebagai instrumen. Yaitu digunakan untuk menerangkan, mengajar, menginformasikan, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan, mengubah perilaku, atau menggerakkan tindakan dan juga untuk  menghibur.  Paling tidak ada 5 prinsip  cara bertutur kata yang efektif dalam pembelajaran. Pertama respect, yaitu sikap menghargai setiap individu yang akan menjadi sasaran pesan yang disampaikan. Kedua, emphaty, yakni kemampuan untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Ketiga, audible, yakni dapat didengar atau dimengerti dengan baik. Keempat, clarity, yaitu kejelasan pesan,  yang disampaikan sehingga tidak menimbulkan multitafsir, dan kelima humble, yaitu sikap rendah hati.
Banyak pola komunikasi sebagai ilmu terapan dari teori komunikasi, sosial dan psikologi.  Melalui tulisan ini penulis tertarik untuk memerikan 9 isyarat Al-Quran tentang pola komunikasi serta implikasinya dalam pembelajaran yang  disarikan dari Kitab Al Wāfī fī syarh al Arbaīn al Nawawiyat karya Musthafa Dieb al Bagha.

Pertama,  bertutur kata yang baik  (qawlan ma’rūfan), Q.s 2:263, 4:8, 33:32. Maksudnya ketika  berbicara dengan murid maka bicaralah dengan bahasa yang sesuai dengan tradisi, etika dan norma yang berlaku di masyarakat; berbicaralah dengan tutur kata yang sesuai dengan  tingkat kematangan usia dan pemahaman peserta didik, alā qadri uqūlihim, bahkan  dengan bahasa yang dapat diterima oleh segenap usia. Sampaikan pesan sesuai kondisi dan lingkungan saat komunikasi itu terjadi supaya pembicaraan itu fokus dan terarah.

Kedua, bertutur kata yang mulia (qawlan karīman), Q.s. 17:23. Maksudnya ketika berbicara dengan murid, gunakan tutur kata yang santun, enak didengar dan menyejukkan.  Hindari tutur kata yang menyinggung fisik atau perasaan, tidak menghina, tidak merendahkan, juga tidak menggurui.

Ketiga,  bertutur kata yang pantas (qawlan maysyūran), Q.s. 17:28. Maksudnya, guru hendaknya berbicara dengan kata-kata yang jelas dan mudah difahami oleh muridnya. Bahasanya menyejukkan  hati tidak meresahkan atau membuat peserta didik gundah atau tambah masalah. Guru berharap bahwa pesan yang disampaikannya dapat diterima oleh si penerima pesan dengan baik. Oleh karena itu dalam praktik pembelajaran disamping bahasa verbal atau non verbal guru diharapkan dapat menggunakan media (delivery channel) agar mudah menyampaikan informasi kepada murid.
Keempat, bertutur kata yang mengena dan membekas (qawlan balīghan), Q.s. 4:63. 

Dalam hal ini, bahasa yang digunakan guru harus efektif sehingga tepat sasaran dan tujuan, dan efisien  artinya tidak berputar -putar, tidak ngeyel atau lebay. Oleh karena itu sebelum menyampaikan  guru hendaknya mengetahui dengan jelas  tujuan, isi pesan, dan sasaran supaya arah  pembicaraannya fokus dan mengena.
Kelima, bertutur kata yang lemah lembut (qawlan layyinan), Q.s. 20:44. Maksudnya, berbicara dengan murid  dengan bahasa yang halus sehingga menyerap ke relung hatinya, tidak kasar dan tidak menyinggung. Bertutur kata yang lembut kepada murid dapat membuat dirinya merasa nyaman, dihargai dan sejajar sehingga memudahkan proses komunikasi dalam dua arah. Diharapkan guru dapat menghargai setiap muridnya didiknya, karena mereka butuh pengakuan atau penghargaan. Sikap ini akan membangun kerjasama yang sinergis antara guru dan murid.

Keenam,  bertutur kata yang benar dan berimbang (qawlan syadīdan), Q.S. 4:9, 33:70. Ketika memberi pelajaran atau mendamaikan murid,  gunakan bahasa yang berimbang atau adil kepada berbagai pihak, tidak ada keberpihakan kepada salah seorang.  Tidak ada yang  merasa dilebihkan atau tersisihkan dalam  komunikasi, semuanya mendapat perlakuan yang sama.

Ketujuh, bertutur kata yang berbobot (qawlan ‘azhīman), Q.S. 17:40.  Gunakan tutur kata yang sarat dengan hikmah dan makna kehidupan ketika menyampaikan pesan  kepada murid. Perkataan berbobot itu penuh inspiratif, menyentuh, dan aplikatif dalam kehidupan. Sebaliknya perkataan yang kurang berbobot, garing, akan terlewati tanpa makna. Gunakan  kata yang dapat memotivasi, menyadarkan dan merubah paradigma murid atas suatu permasalan.

Kedelapan, bertutur kata yang berisi pesan Ilahiyah (qawlan min rabbi al rahīm), Q.S. 36:57. Hendaknya guru menyampaikan pesan-pesan, keteladanan dan hikmah yang bersumber dari Tuhan. Guru sebaiknya banyak membaca kisah-kisah teladan, kisah-kisah yang durhaka yang disampaikan oleh Allah SWT dalam kitab suci-Nya. Sampaikan berita baik  (targhib) bagi orang yang mengikuti jalan Tuhan dan ancaman (tarhib) bagi orang yang  melanggarnya. 

Kesembilan, bertutur kata yang berat (qawlan tsaqīlan), Q.S. 73: 5. Maksudnya  tutur kata yang mengandung informasi  berkewajiban syariah (taklifi), halal-haram, dan  berimplikasi  hukum pidana atau perdata.  Dalam hal ini  setidaknya guru memahami pengetahuan  praktis keagamaan dan  hukum  berlaku di masyarakat walaupun tidak memadai seperti seorang ahli. Di sinilah peran suci guru sebagai penerus para nabi yang bertanggung jawab membimbing dan mengarahkan murid menemukan jalan yang benar.

Demikian  isyarat Al-Quran tentang pola berkomunikasi yang dikaitkan dengan pembelajaran. Diharapkan ini dapat menambah khazanah pengetahuan dan keterampilan praktis bagi guru dalam menyampaikan  pembelajaran kepada murid di dalam atau di luar kelas.  Karena inti pembelajaran itu mengomukasikan ide atau pesan maka penerapan pola komunikasi yang tepat  dapat mempermudah tercapainya  tujuan pendidikan. Sebaliknya pola komunikasi yang tidak tepat  tidak hanya dapat menyulitkan tercapainaya tujuan  pembelajaran, tetapi dapat  menimbulkan  permasalan baru. Wallāhu ‘alam.


*Learning Trainer, Konsultan Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Tasikmalaya
Email: asep_saepulmillah40@yahoo.com
Advertisement

Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment

Followers